Renungan Harian Selasa, 03 Desember 2013

Mengetahui Tuhan

Pekan Adven I; Yes 11:1-10; Mzm 71; Luk 10:21-24
Tema bacaan hari ini adalah mengetahui Tuhan. Bagi banyak orang, kata mengetahui sama dengan memiliki sejumlah pengetahuan untuk menjelaskan sesuatu supaya masuk akal bagi diri sendiri dan orang lain. Ada juga yang berkeyakinan bahwa mengetahui Tuhan berarti memiliki sejumlah pengetahuan tentang Tuhan melalui berbagai kuliah, kursus, dan buku teologi. Benarkah?
Para penulis Kitab Yesaya dan Injil Lukas memberikan gambaran yang sama sekali berbeda! Mengetahui Tuhan berarti memiliki relasi sangat intim dengan-Nya, sehingga kita mampu merasakan kehadiran-Nya dan mengalami kekuatan-Nya dalam diri kita. Relasi dan kekuatan Tuhan itu menggerakkan kita untuk bersikap adil terhadap sesama, terutama mereka yang lemah dan tertindas, bertindak jujur, menjunjung tinggi kebenaran dan kesetiaan, mengupayakan kedamaian dengan tulus hati, “tidak berbuat jahat atau berlaku busuk”. Semua ini adalah karakter Kristus yang diwariskan-Nya kepada kita, orang-orang beriman.
Masa Adven adalah waktu bagi kita untuk memperdalam relasi dengan Tuhan, mendengarkan Sabda-Nya, dan membentuk karakter kristiani dalam diri kita masing-masing. Marilah dengan rendah hati kita meminta Allah sekali lagi mengajar kita!
Yap Fu Lan

sumber : hidupkatolik.com

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>