Renungan Harian Selasa, 30 April 2013

Bacaan:

  • Kis. 14:19-28;
  • Mzm. 145:10-11,12-13ab,21;
  • Yoh. 14:27-31a.

 Renungan:

Yesus mengucapkan kata-kata perpisahan. Kita bisa merasakan suasana sedih yang meliputi para murid di ruang itu. Sampai sekarang mereka ikut Yesus ke mana Ia pergi. Sekarang Ia akan pergi meninggalkan mereka. Apa yang ditinggalkanNya bagi mereka? Bukan harta atau gedung, melainkan damai sejahtera. Bukan damai seperti yang dikenal dunia. Dunia mengenal perjanjian damai antara negara atau pribadi. Janji untuk tidak saling memerangi. Tapi janji itu sering dilanggar demi kepentingan negara atau pribadi. Bukan seperti itu damai dari Tuhan. Di sini damai berarti hubungan baik atas dasar kasih. Dan kasih serta kesetiaan Allah kekal tak berubah. Damai Kristus bila diterima, akan memenuhi dan menguasai hati kita, dan tak seorang pun atau kejadian apa pun mampu merampasnya.

Maka murid Yesus tidak perlu gelisah atau gentar. Yesus pergi sementara saja; Ia akan kembali. Penguasa dunia akan datang membawa sengsara dan maut. Tapi ia tidak berkuasa atas diri Yesus maupun atas mereka yang berpaut padaNya. Yesus akan menjalani sengsara dan maut untuk mengalahkannya. Maut tidak berkuasa menahan Dia. Bukanlah kehendak Bapa supaya Yesus mati. Seorang bapak yang melepaskan anaknya pergi berperang untuk membela negara, mengharapkan anaknya kembali dalam keadaan hidup. Tapi kalau ia gugur, itulah konsekuensi dari kesetiaannya kepada tanah air.

Yesus melakukan kehendak Bapa untuk tetap setia pada misi-Nya sebagai saksi Kebenaran. Dan karena kesetiaanNya, Ia telah mengalahkan maut, bagi diriNya dan bagi kita juga, orang-orang yang Ia selamatkan. Jadi, jangan gelisah dan gentar hatimu.

 (Renungan Harian 2013, yayasan Pustaka  Nusatama Yogyakarta)

sumber : mirifica.net

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>