Renungan Harian Sabtu, 12 Januari 2013

Terarah kepada Kristus

  • Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan;

  • 1Yoh 5:14-21;

  • Mzm 149;

  • Yoh 3:22-30


Bacaan Injil hari ini mempersiapkan kita merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan. Pembaptisan oleh Yohanes Pemandi merupakan persiapan Yesus memasuki arena publik untuk bersaksi tentang Allah. Bacaan hari ini juga mengingatkan kita sekali lagi bahwa iman, kasih, dan kesaksian kita harus bersumber dan bermuara pada Yesus Kristus. Yohanes Pembaptis menjadi teladan kita dalam hal ini. Ia sadar bahwa perannya ialah mempersiapkan hati orang untuk menerima Mesias, Kristus. Ketika sudah tiba saatnya bagi Mesias untuk menampilkan diri di medan publik, Yohanes berani berkata, “Aku bukan Mesias, tetapi aku diutus untuk mendahuluinya. …Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.”

Kita sudah mengakui, kita berpotensi menjadi antikristus dalam arti menolak mengikuti perjuangan Kristus mewujudkan keadilan dan damai sejahtera. Kita pun mesti mengakui, kita berpotensi menjadi antikristus dengan menjadikan diri kita sendiri sebagai pusat dan arah segala sesuatu. Penulis Surat Yohanes mengingatkan kita untuk waspada terhadap berhala, dan berhala itu mungkin saja diri kita sendiri. Marilah menjaga iman, kasih, dan kesaksian kita supaya tetap terarah kepada Kristus.

Yap Fu Lan

www.hidupkatolik.com

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>