Renungan Harian Rabu, 07 Januari 2015

Tahun Pembebasan

Pekan Biasa Sesudah Penampakkan Tuhan; 1 Yoh 4:19-5:4; Mzm 72; Luk 4:14-22a
Seseorang baru akan menjadi nabi kalau ia dipenuhi Roh Allah yang memanggil dan mengutus. Yesus dipenuhi Roh Allah. Mereka yang telah melihat perkataan dan perbuatan Yesus segera percaya bahwa Ia adalah seorang nabi besar (bdk. Luk 7:16), seperti Nabi Yesaya, Yeremia, dan Yehezkiel.
Tapi Yesus lebih besar daripada seorang nabi. Yesus mengutip teks Yesaya 61:1-2 yang ditulis ketika bangsa Israel kembali dari pembuangan. Mereka ingin membangun kembali kemuliaan Yerusalem, namun mereka sangat miskin dan tidak memiliki kekuatan. Impian itu terealisir dalam dan melalui Yesus Kristus dengan cara yang berbeda. Dalam kuasa Roh Kudus, Ia mewartakan pembebasan bagi semua yang terbelenggu.
Kita yang membaca teks ini dapat bertanya, apakah pembebasan sejati yang diwartakan Yesus akan terjadi se cara tiba-tiba dalam keluarga, Gereja, dan komunitas basis kita? Tentu tidak demikian. Sabda Yesus memberikan motivasi dan cara pandang baru, harapan, dan kekuatan untuk bergumul dengan kenyataan- kenyataan yang sulit dan membangun hidup baru, di mana setiap orang membiarkan Allah merajai hatinya.
Sr Grasiana PRR
sumber : hidupkatolik.com

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>