Perayaan Pesta Nama St. Ambrosius 2013 ~ 07 Desember 2013

pesta nama st ambrosius

Gereja St. Ambrosius yang berlokasi di Vila Melati Mas,  baru saja merayakan Pesta Nama Santo Pelindungnya,  yaitu St. Ambrosius pada tanggal 7 Desember 2013.

Untuk penyelenggaraan perayaan pesta nama tahun ini,  Wilayah 21 dengan koordinator Ibu Jacinta Antonia Maria Tambajong ditunjuk sebagai panitia pelaksana.   Dengan persiapan yang cukup singkat  hanya lebih kurang  2 bulan,  panitia pesta nama dibentuk dengan melibatkan umat dari semua lingkungan yang ada di Wilayah 21,  yaitu :  Lingkungan St. Tarsisius,  Lingkungan St. Yohanes dari Salib, Lingkungan St. Theresia Lisieux dan Lingkungan St. Irene.

Struktur kepanitiaan dibentuk,  terdiri dari Ketua, Sekretaris dan beberapa seksi yang memegang peranan penting,  seperti :  Seksi Dana,  Seksi Acara, Seksi  Konsumsi,  Seksi Perlengkapan,  Seksi Dokumentasi & Publikasi  serta Seksi P3K.

Seksi Dana bekerja segera dengan mengadakan beberapa kali pasar murah yang menjual barang-barang layak pakai donasi dari semua umat dan juga membuka kantin yang berjualan setiap hari Minggu selesai misa di halaman depan pastoran.

Seksi Acara menyusun acara lomba dengan konsep lomba harus melibatkan semua peserta dari kalangan balita, remaja (orang muda Katolik), dewasa baik ibu-ibu dan bapak-bapak,  sehingga diputuskan beberapa jenis lomba sebagai berikut :

  1. Lomba Mewarnai (untuk  anak usia 4 tahun s/d 10 tahun)
  2. Lomba Futsal (dengan kategori SD dan SMP)
  3. Lomba Bermazmur (dengan kategori remaja mulai 13 tahun dan dewasa s/d usia 55 tahun)
  4. Kuiz Siapa Lebih Berani
  5. Lomba Menghias Tumpeng (khusus untuk ibu-ibu)
  6. Lomba Merancang & Menata Taman St. Ambrosius (khusus untuk bapak-bapak).

Lomba terbuka untuk semua umat yang ada di wilayah Gereja St. Ambrosius dan khusus untuk lomba tumpeng dan taman merupakan jenis lomba yang diwajibkan untuk diikuti oleh semua wilayah.

Beberapa lomba seperti Mewarnai, Futsal, Bermazmur, Merancang dan Menata Taman sudah dimulai sebelum tanggal 7 Desember 2013.

Seksi Konsumsi juga sudah dari awal memikirkan jenis makanan yang akan disediakan untuk umat  St. Ambrosius,  mulai dari makanan utama berupa tumpeng hasil karya peserta lomba menghias tumpeng sampai dengan makanan rakyat yang sederhana dan enak,  seperti siomay,  batagor, bakso, tahu pletok, sekoteng dan kopi jelly.

Seksi Perlengkapan bekerja sama dengan team teknis PPG dan team Liturgi sama-sama bergotong royong mempersiapkan ruangan misa di gereja dan juga di aula tempat acara ramah tamah dan hiburan berlangsung.

Seksi Dokumentasi & Publikasi juga selalu siap mengabadikan setiap moment  kegiatan lomba dan acara puncak perayaan serta mempublikasikannya melalui milis atau website gereja sehingga semua umat yang  hadir maupun yang tidak hadir dapat memperoleh berita tentang perayaan pesta nama.

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih pada puncak perayaan pesta nama St. Ambrosius cuaca demikian cerah setelah malam sebelumnya diguyur hujan deras.  Pada sore itu,  tanggal 7 Desember 2013 jam 17.00,   untuk pertama kalinya misa syukur berlangsung di gereja yang  sudah tampak keindahannya. Misa berjalan khusuk  dan terasa istimewa karena koor dari Koor PPG St. Ambrosius dengan dirigen Ibu Liany membawakan  lagu-lagu dengan sentuhan musik keroncong bernuansa Betawi yang unik dan menarik.

Setelah misa selesai,  semua umat diundang untuk menghadiri  acara ramah tamah berupa makan malam bersama, hiburan dari wilayah dan juga pengumuman pemenang lomba. Umat tampak antusias hadir sambil mencicipi makanan yang disediakan pada meja-meja dan bahkan beberapa makanan hadir lengkap dengan gerobaknya,  yang di tata di sekeliling teras aula.  Aula penuh dengan keriuhan dan kegembiraan anak-anak yang  mendapatkan balon,  remaja-remaja yang antusias mengisi acara hiburan,  ibu-ibu yang berbincang akrab dan juga bapak-bapak yang saling menyempatkan untuk menyapa satu sama lain.

Harapannya tema pesta nama St. Ambrosius 2013 :  ‘Makin Beriman,  Makin Bersaudara dan Makin Berbelarasa’  benar-benar dapat terwujud di antara umat St. Ambrosius khususnya. Acara ramah tamah berakhir pada jam 21:00 ditandai dengan pengumuman dan pemberian Piala Juara Umum Lomba Pesta Nama St. Ambrosius 2013 oleh Pastor Aloysius Supandoyo, OSC kepada Wilayah 19 yang diterima langsung oleh Korwil Ibu Mutiariah Djajasaputra.

Ibu Jacinta Tambajong, selaku ketua Panitia Pesta Nama St. Ambrosius 2013 dan segenap anggota panitia menghaturkan terima kasih kepada Pastor Aloysius Supandoyo,  OSC.,   Ketua PPG & Team, Team Liturgi & Tata Laksana St. Ambrosius, Koor PPG St. Ambrosius,  Team Juri Lomba Mewarnai,  Ibu Liany & Team Juri Lomba Bermazmur, Team Juri Lomba Merancang dan Menata Taman, Team Juri Lomba Menghias Tumpeng, serta kepada semua umat atas perhatian, partisipasi dan dukungan yang diberikan sehingga penyelenggaran perayaan Pesta Nama St. Ambrosius 2013 dapat berjalan dengan baik.

Berikut daftar pemenang lomba-lomba :

  1. Lomba Mewarnai diikuti lebih dari 80 anak :
    • Kategori A (usia 4 – 5 tahun) :
      1. Juara I : Meisya
      2. Juara II : Kresensia
      3. Juara III : Kania
    • Kategori B (usia 6 – 7 tahun) :
      1. Juara I : Steffi
      2. Juara II : Praya
      3. Juara III : Risto
    • Kategori C (usia 8 – 10 tahun) :
      1. Juara I : Renata
      2. Juara II : Angelyn
      3. Juara III : Chloe
  2. Lomba Futsal :
    • Kategori SD :
      1. Juara I : Wilayah 19
      2. Juara II : Wilayah 25
    • Kategori SMP :
      1. Juara I : Gabungan Wilayah 23 + 24
      2. Juara II : WIlayah 19
  3. Lomba Bermazmur :
    • Kategori Remaja (SMP & SMA) :
      1. Juara I : Melvin Laurel Puka dari Wil.26
      2. Juara II : Priscilla Philbertha  dari Wil. 23
      3. Juara III : Devina Amanda dari Wil. 26
    • Kategori Dewasa :
      1. Juara I : Yesi Natalia  dari Wil. 19
      2. Juara II : Yael Sri Yuliati  dari Wil. 19
      3. Juara III : Edward Bonny Nahumury dari Wil. 20
  4. Kuiz Siapa Lebih Berani :
    1. Juara I : Wilayah 26
    2. Juara II : Wilayah 21
    3. Juara II : Wilayah 25
  5. Lomba Merancang dan Menata Taman St. Ambrosius :
    1. Juara I : Wilayah 26
    2. Juara II : WIlayah 19
    3. Juara III : WIlayah 22
  6. Lomba Menghias Tumpeng :
    1. Juara I : Wilayah 24
    2. Juara II : Wilayah 20
    3. Juara III : WIlayah 19

Dalam Kuiz Siapa Lebih Berani juga di lombakan yel-yel terbaik :

  1. Juara I : Wilayah 19
  2. Juara II : Wilayah 26
  3. Juara III : WIlayah 20

JUARA UMUM LOMBA PESTA NAMA ST. AMBROSIUS 2013 : WILAYAH 19.

*******

 (Maureen T. Rustandi, Panitia Pesta Nama St. Ambrosius 2013)

Foto-foto lengkap Perayaan Pesta Nama St. Ambrosius 2013  bisa dilihat di Album Foto Kegiatan St. Ambrosius atau di link : http://goo.gl/LtmJkw dan http://goo.gl/v9x4eS

 

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>