Renungan Harian Kamis, 09 Mei 2013

Bacaan:

  • Kis. 1:1-11;
  • Mzm. 47:2-3,6-7,8-9;
  • Ef. 1:17-23 atau Ibr. 9:24-28; 10:19-23;
  • Luk. 24:46-53.

Renungan:

Sebelum naik ke Surga, Tuhan Yesus meninggalkan pesan bagi para murid-Nya untuk memberitakan pertobatan dan pengampunan dosa kepada semua orang di manapun juga. Berita itu disampaikan oleh Yesus karena Ia sendiri tahu bahwa dosa itu masih merajalela dimana-mana dan mempengaruhi hati banyak orang.

Akibat dosa, dunia tidak pernah menjadi damai dan kehidupan manusia selalu terancam. Akibat dosa pula, muncul perkelahian, kekerasan, pembunuhan, sikap saling merusak dan hubungan baik menjadi retak. Akibat dosa itu sampai sekarang masih terus terjadi. Banyak orang dikuasai dosa sehingga kehidupannya membawa dampak buruk bagi kehidupan orang lain. Mereka melakukan segala sesuatu yang hanya untuk kepentingan diri sendiri;  orang lain kerap menjadi korban dari egoisme dan keserakahan pribadi.

Hal itu terjadi baik dalam keluarga, komunitas, pekerjaan maupun dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya hubungan dengan sesama yang dirusak oleh dosa tetapi juga dengan alam ciptaan.

Alam tidak lagi dilihat sebagai sahabat kehidupan, melainkan sebagai komoditas yang memberi keuntungan dan tanpa batas mereka mengambil demi keuntungan pribadi. Akibatnya alam tidak lagi bersahabat tetapi menjadi ancaman bagi semua kehidupan. Itulah sebabnya suara pertobatan harus terus diwartakan sampai sekarang, agar dunia menjadi damai dan keselamatan dirasakan di seluruh muka bumi.

 

(Renungan Harian 2013, yayasan Pustaka  Nusatama Yogyakarta)

sumber : mirifica.net

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>