REKOLEKSI BIA-St. Clara & BIR-St. Vincentius

 

Dengan perjuangan yang cukup panjang akhirnya kelompok Bina Iman Anak St. Clara dan Bina Iman Remaja St. Vincentius di Wilayah 25 yang di dampingi oleh Ibu Yesika dan Ibu Susy dapat mengadakan acara rekoleksi di Puncak Kana pada tgl. 8-9 Des 2012 dengan tema “Menjadi Remaja Katolik yang Mandiri” dengan tujuan agar anak-anak mempunyai rasa tanggung jawab dan mandiri di dalam kehidupan sehari-hari, baik di keluarga, di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini di dukung penuh oleh Tim BIR dari Paroki Santa Monika (Liany, Febri, Ridwan & Irene), peserta tiba di tempat retret jam 11.00, yang disambut oleh Tim BIR Paroki tsb. Kegiatan ini dibuka dengan acara outbond games yang sangat menarik dan membangun motivasi dan team work.

Tak terasa hari sudah siang, dan perut mulai berbunyi, suatu tanda  anak-anak harus segera dibawa ke tempat makan untuk menikmati makan siang. Oops!!! Ternyata mau makan siang saja tidak mudah  bagi peserta, mengapa?  karena ternyata acara makan siang tersebut juga dikemas dalam bentuk aktivitas yang mempunyai ”pesan” didalamnya, anak-anak berpasang-pasangan, mereka harus saling mengambilkan nasi, sayur, lauk dan minum untuk temannya, ”pesan” moral yang disampaikan yaitu agar anak belajar melayani sesama.

Setelah makan siang, dilakukan  ice breaking  agar tidak mengantuk, lalu masuk dalam acara pengajaran yang dibawahkan oleh Om Paul selama 1,5 jam, dalam penjelasannya mengajarkan kepada anak-anak agar menjadi seorang Kapten yang artinya “Seorang yang bertanggung jawab dan memimpin atas sesuatu” seperti Yesus adalah Kapten Keselamatan bagi kita semuanya dan  Kapten daripada Kasih.

Dengan meneladani Yesus, kelak anak-anak harus bisa menjadi seorang Kapten INDONESIA ( ImaN DOa Ndak Egois – Setia Ikut perintah Allah) dimana Kapten yang mempunyai Iman, dengan selalu berdoa dalam setiap situasi, tidak egois dan selalu setia ikut perintah Allah, sesuai dengan 10 Hukum taurat dan juga Hukum yang terutama yaitu Kasih.   

Acara selanjutnya setelah pengajaran di dalam ruangan, anak-anak dibawa bermain diluar ruangan, semua anak-anak sangat menikmati hari yang indah sambil canda tawa ria bersama, sampai baju basah kuyup tak di hiraukan.

Pada saat anak-anak mengikuti acara outbond, para orang tua berkumpul bersama didalam ruangan melakukan sharing iman yang saling menguatkan satu sama lainnya.

Hari menjelang petang tiba saatnya anak-anak beristirahat, mandi dan makan malam bersama, lalu acara dilanjutkan presentasi dan penjelasan mengenai kegiatan BIR Paroki St. Monika untuk tahun 2013 oleh ibu Liany selaku pengurus BIR Paroki Santa Monika.

Setelah itu masuk dalam acara renungan malam, dimana semua peserta mengikuti acara renungan dengan serius dan hikmat, anak-anak di ingatkan kembali akan kasih orang tua kepada mereka dan menyesali perbuatan yang tidak berkenan kepada orang tua mereka, berakhir sudah acara pada hari pertama yang sangat padat.

Udara pagi hari yang sangat sejuk, segar dan dingin, ingin rasanya tidur kembali tetapi acara masih terus berlanjut, dan ternyata anak-anak dulu bangun dan begitu semangatnya untuk mengikuti senam pagi bersama dan dilanjutkan  sarapan nasi goreng dan telur dadar, nikmat sekali rasanya….

Jam menunjukan pukul 8 pagi maka kami harus berkumpul untuk bersiap-siap mengakhiri acara rekoleksi di puncak kana dengan foto bersama dan pembagian souvenir untuk anak-anak, kemudian kami bersama-sama berangkat menuju Gereja Lembah Karmel Romo Yohanes untuk mengikuti misa kudus jam 9.30. setelah Misa Kudus selesai kami jalan pulang menuju Serpong.

 

Tuntas sudah acara rekoleksi selama 2 hari, akhir kata dari pembimbing BIA & BIR Wil.25 mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Korwil. 25, Kaling St.Yakobus, St. Matius, St.Kanisius, St. Maximilan, Team BIR Paroki St.Monika, bapak/ibu yang telah ikut berpartisipasi dan juga kepada Donatur.

Dan tunggu info dari kami untuk acara selanjutnya yang lebih asyik dan menarik…..

(penulis red: SY)

One Response to REKOLEKSI BIA-St. Clara & BIR-St. Vincentius

  1. Untuk adik-adik BIA dan BIR, tetap bersemangat untuk bertumbuh dalam Tuhan.

    Untuk para pembina, tetap bersemangat dalam menjalankan tugas mendampingi generasi penerus gereja dan bangsa.

    Syallom

    Ibu Nung

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>