Perayaan Pesta Nama St. Ambrosius, 09 Desember 2012

Rangkaian Pesta Nama Gereja St. Ambrosius sudah dipersiapkan sejak beberapa bulan yang lalu. Panitia perayaan pesta nama ini berasal dari Wilayah 20. Koordinator Wilayah 20, Pak Budi Barlian, berperan sebagai Ketua Panitia Perayaan Pesta Nama St. Ambrosius. Tahun 2012 ini perayaan bersama umat digelar 2 kali yaitu pada hari Minggu, Minggu, 9 Desember 2012 lalu dan Minggu, 16 Desember 2012. Khusus tahun ini,  perayaan difokuskan untuk OMK (Orang Muda katolik)  & BIA (Bina Iman Anak). Berbagai kegiatan lomba dirancang untuk memeriahkannya.

Foto-foto bisa dilihat di :

https://plus.google.com/photos/102017290461137950275/albums/5822542026823670017

Bagaimana persiapan panitia dalam menyelenggarakan pesta nama ini? Mari kita melihat sepak terjang mereka. Seperti yang kita ketahui bahwa Gereja St. Ambrosius ini masih menggalang dana untuk pembangunannya. Karena itu, jelas pesta nama pasti berada  di luar anggaran pembangunan gereja. Namun, panitia pesta nama  berusaha dengan segala cara agar perayaan tersebut bisa berhasil.  Dengan begitu, mereka   mencari dana sendiri untuk semua kegiatan pesta nama tersebut.

Dengan kreatif, panitia melakukan penggalangan dana, diantaranya dengan melakukan penjualan makanan dan minuman setelah misa, meminta sumbangan dana langsung dari umat di Wilayah 20. Selain itu,  melibatkan BIA & OMK untuk “mengamen dan menghibur umat”.  Bahkan BIA Wilayah 20 pun ikut terlibat. Mereka  membuat kreasi berbagai kue dari biskuit dan memasarkannya dari rumah ke rumah.

Pesta nama  pada hari Minggu, 9 Desember 2012 sudah terlaksana dengan baik. Ada pun acara yang digelar pada hari itu adalah: perayaan Ekaristi untuk seluruh umat, Lomba Mewarnai untuk BIA, Lomba Menggambar untuk kategori BIA dan BIR, dan Lomba Membaca Kitab Suci untuk kategori BIA dan BIR, serta kegiatan Donor Darah yang diikuti oleh 58 pendonor.

Nampaknya peserta lomba antusias dalam mengikuti perlombaan. Begitu selesai Ekaristi, panitia pendaftaran yang berlokasi di dekat pohon mangga depan sekretariat, diserbu anak-anak untuk daftar ulang dan juga daftar baru.

Tema  lomba mewarnai diikuti oleh kelompok umur 3-5 thn & 6-9 thn.

Gambar yang  diwarnai adalah  gamba Gereja St.  Ambrosius. Kertas gambar A3 disediakan panitia sedangkan peralatan mewarnai dibawa peserta. Waktu untuk mewarnai 60 menit.

Lomba menggambar diikuti oleh kelompok umur 6-9 tahun dan 10-13 tahun. Objek yang dilukis adalah Gereja St. Ambrosius. Kertas gambar di sediakan panitia sedangkan peralatan dibawa oleh masing-masing peserta. Waktunya  90 menit.

Lomba Mazmur terdiri lagu mazmur wajib dan pilihan. Mazmur wajib: ulangan 836 Minggu Adven ll tahun  C,  Mazmur pilihan: ulangan  825 hari Raya Kenaikan tahun A, ulangan  816 Minggu Biasa  XX tahun A, ulangan 863 Pesta Pembaptisa Tuhan   tahun C, ulangan 868 Minggu Adven IV tahun  B.  lringan keybord hanya  pengambilan  nada dasar.

Penilaian juri meliputi kriteria  sebagai  berikut:  ketepatan pada nada lagu/artikulasi pembawaan lagu (ekspresi,  dinamika, dan penampilan).

Lomba membaca Kitab Suci dengan Materi Lomba yaitu : 1Timotius 1 :12–17, Yesaya 60 : 1–6, dan  Efesus 6: 1–9.  Kriteria penilaian meliputi: artikulasi vocal, suara dan intonasi (pemenggalan kalimat bermakna),  ketepatan membaca/irama,  penghayatan (hanya kategori remaja),  penampilan/sikap ( ekspresi wajah, memberi penghormatan).

Masih akan berlangsung kegiatan lain yang akan diselenggarakan hari Minggu 16 Desember 2012, yaitu Misa Pesta St. Ambrosius, persaudaraan dalam jamuan jasmani, Go Green, Lomba Memasak, fun bike, dan door prize, serta pembagian hadiah.

Lomba memasak, ketentuan umum adalah diikuti oleh bapak-bapak. Setiap wilayah mengirimkan maksimal 2 tim dengan masing-masing tim 2 orang. Jenis masakan yang dilombakan adalah nasi goreng sosis. Waktu memasak 30 menit. Kriteria penilaiannya adalah : rasa masakan, kerjasama antar peserta setim, kebersihan dan ketepatan waktu bekerja, serta penyajian di piring.

Untuk lomba yang sudah dilaksanakan pemenang sbb :

1. Lomba Baca Kitab Suci :

A.  Kategori Anak 10 – 13 thn.

Juara I : Amel (Lingkungan Silverius)

Juara II : Tersia R. Innocensia (Lingkungan Pius X)

Juara III : Maria Josepha Ardelia (Lingkungan Silverius)

B.  Kategori Remaja 14 – 18 thn.

Juara I : Newmen Ticha (Lingkungan Pius X)

Juara II : Gladys Yorintia (Lingkungan Maria)

Juara III : Gary Kusuma (Lingkungan Agustinus)

2. Lomba Mazmur

Kategori Remaja 14 – 18 thn

Juara I : Sherina (Lingkungan Kristoforus)

Juara II : Jeanne Ferina (Lingkungan Maria)

Juara III : Gisela Gladys (Lingkungan Regina)

3. Lomba Mewarnai

A.  Kategori Anak 3 – 5 th.

Juara I :  Mesya Wijaya (Lingkungan Anna)

Juara II : Helena Andreani (Lingkungan Regina)

Juara III : Clarissa (Lingkungan Melania)

 B.  Kategori Anak 6 – 9 thn.

Juara I :  Renata (Lingkungan Skolastika)

Juara II : Arleen (Lingkungan Leonardus)

Juara III : Angelyn Sugiarta (Lingkungan Odilia)

4. Lomba Menggambar

A.  Kategori Anak 6 – 9 thn.

Juara I :  Steffi (Lingkungan Melania)

B.  Kategori Remaja 10 – 13 thn.

Juara I :  Michael Geraldi Lokanata (Lingkungan Agustinus)

Juara II : Sesilia (Lingkungan Skolastika)

Juara III : Florin (Lingkungan Silverius)

 

Demikian sekilas tentang perayaan St. Ambrosius.

(enung@ppgst.ambrosius)

 

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>