Donor Darah PPG St. Ambrosius Villa Melati Mas

Minggu, 2 September 2012, PPG St. Ambrosius mengadakan kegiatan donor darah di area Pembangunan Gereja St. Ambrosius Villa Melati Mas. Kegiatan Donor Darah ini adalah yang ke empat, yang dilakukan rutin setiap tiga bulan 1 kali.

Awalnya kegiatan donor darah ini diadakan sebagai salah satu kegiatan bakti sosial dalam perayaan pesta nama St. Ambrosius.

Kegiatan ini dipanitiai Wilayah 12 (kini menjadi Wilayah 23 dan Wilayah 24) dan dikomandoi oleh Bp. Frans David dari Lingkungan St. Kristoforus sebagai bagian dari Sie Humas/Bina Relasi PPG ST. Ambrosius.

Karena jumlah pendonor yang cukup banyak maka kegiatan donor darah ini dijadikan kegiatan rutin setiap tiga bulan sekali.

 

(Donor darah secara rutin setiap 3 bulan sangat bagus buat kesehatan, karena selain memeriksakan kesehatan secara rutin seperti : tekanan darah, nadi, suhu, hemoglobin, Hepatitis B, Hepatitis C dan HIV/AIDS, juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 30%. sumber : http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2010/11/25/kenapa-harus-donor-darah/)

Peserta donor darah ini  tidak terbatas pada semua umat Katolik di Lingkungan Gereja St. Ambrosius, tetapi juga untuk buat semua umat dari masyarakat sekitar, khususnya sekitar Gereja St. Ambrosius.

Ini sesuai dengan tujuan dari kegiatan donor darah ini yaitu  :

1. Sebagai wujud aksi nyata berbagi kepada sesama.

2. Mengundang umat dan masyarakat sekitar utk berkunjung, mengenal, dan lebih dekat dengan Gereja nya dan tersentuh untuk membantu pembangunannya.

Panitia mengundang setiap umat yang ingin membantu dan aktif di kegiatan rutin donor darah ini, baik menjadi panitia ataupun membantu keperluan untuk kegiatan ini.

Saat ini setiap kegiatan donor darah ini ada donator (Bp. Adi, Ibu Tutik) yang secara rutin untuk menyediakan makanan ringan, minuman untuk peserta dan juga untuk petugas PMI dan panitia lain yang membantu dan tentunya terbuka untuk umat yang mau membantu.

Donor darah 2 September 2012, di ikuti oleh 71 orang, dengan 51 orang yang diterima untuk mendonorkan darahnya, sisanya 20 orang belum dapat di terima dikarenakan kondisinya tidak memenuhi syarat.

Donor darah tidak diperkenankan bila kondisi badan kurang sehat, misalnya kurang tidur, tekanan darah yang terlalu tinggi, hemoglobin yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. (Kriteria umum untuk donor darah : http://www.pmi.or.id/ina/program/?act=detail&id_sub=59)

Beberapa pendonor yang ditemui mengutarakan kegiatan donor darah ini memang dijadikan kegiatan rutin setiap 3 bulanan dengan beragam alasan, misalnya untuk mengganti sel darah merah di dalam tubuh, karena tubuh selalu memproduksi sel darah merah, agar tubuh menjadi lebih sehat.

Ibu Siti Senggani, yang baru pertama kali ikut donor darah menyampaikan alasannya mengikuti kegiatan ini, bahwa siapa tahu darahnya dapat berguna untuk menolong orang yg membutuhkan. Dengan perasaan senang mendonorkan darahnya, beliau juga bersedia untuk rutin menyumbangkan donor darahnya bila ini di lakukan rutin.

Kegiatan donor darah ini sudah menjadi agenda rutin Panitia PPG St. Ambrosius, dan akan dijadwalkan lagi di awal Desember 2012.

Panitia menunggu kedatangan semua umat, baik yang sudah rutin menyumbangkan darahnya, maupun yang baru, dengan mengajak keluarga, saudara, sahabat, maupun tetangga untuk berpartisipasi dalam kegiatan rutin donor darah ini.

 

Humas PPG St. Ambrosius (Antonius Haris)

 

2 Responses to Donor Darah PPG St. Ambrosius Villa Melati Mas

  1. sherly says:

    mau dong info kan kesaya kalo ada acara donor darah lagi..trima kasih

    • admin says:

      Dear Ibu Sherly. Donor Darah dilakukan setiap 3 bulan sekali.
      Jadwal terdekat di 15 September 2013 ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>